Bingung

2년 전

image

Selamat malam sahabat steemian semuanya, apa kabar ? semoga selalu sehat amin.
Kenapa saya ambil judul bingung, memang saat ini saya lagi bingung dan kasihan sama adik sepupu saya sendiri.
Sabat steemian semuanya mungkin sudah tidak asing lagi dengan kartu indonesia pintar atau di singkat dengan KIP kan ?
Yang membuat bingung saya lagi itu di karenakan yang mempunyai KIP itu kok kebanyakan anak-anaknya tidak pintar, kepintarannya di bawah rata-rata.
Dan yang lebih membingungkan lagi yaitu ketika adik saya mendaftar di SMK NEGERI, adik saya itu nilai danemnya 27 kok ke geser terus sama yang nilai danemnya cuma belasan karena punya KIP.
Adik saya sampai nangis-nangis kalau tidak di terima di sekolah negri, itulah yang membuat saya sedih juga. Saya juga bukan dari keluarga yang kaya, bisa di bilang saya juga dari keluarga yang kurang mampu. Tapi adik saya ini juga tidak punya KIP, jadi cukup menyedihkan juga sih. Sahabat steemian sendiri pasti tahu lah yang namanya pembagian KIP atau kartu apa saja untuk warga yang kurang mampupun itu pasti tidak bisa merata kan ? Bahkan banyak juga orang yang mampu malah dapat kartu KIP juga.
Jujur saya pribadi agak kecewa dengan yang namanya KIP ini, saya rasa tidak sesuai dengan namanya. Harusnya kalau namanya kartu indonesia pintar ya memang khusus untuk anak-anak yang pintar dan berprestasi, lah ini KIP untuk orang miskin berarti namanya harusnya ya KIM.
Kalau menurut saya harusnya kalau kita itu merasa dari keluarga yang kurang mampu ya kita harus belajar giat supaya bisa berprestasi dan punya nilai tinggi, jangan cuman mengandalkan kartu sakti apalah pokoknya. Nanti kan enak yang punya KIP bisa masuk ke sekolah negri mana saja, kasihan anak yang berprestasi kalau harus sekolah di swasta padahal kepinginnya di negri.
Bingung saya sama peraturan yang sekarang, aneh-aneh soalnya.
Maaf sahabat steemian semuanya kalau mungkin ada yang kurang berkenan dengan post saya ini, saya hanya mengeluarkan uneg-uneg saya saja dan tidak bermaksut untuk menyinggung siapapun.
Terima kasih, selamat malam dan sukses selalu buat kalian amin.

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
STEEMKR.COM IS SPONSORED BY
ADVERTISEMENT
Sort Order:  trending

Sejauh yang aku tahu dari cerita teman2ku, saat ini yang diberlakukan adalah sistem zonasi, atau menyesuaikan dengan rayon.
Jadi siswa yang diutamakan diterima itu adalah yang lokasi rumahnya terdekat dengan sekolah yang dituju. Jadi nggak melulu cuma berdasarkan Danem apalagi cuma sekedar KIP.
Masalahnya, yg jadi patokan alamat rumah itu apakah sesuai data KTP atau lokasi alamat sebenarnya saat ini, itu yang aku kurang tahu.
Suruh cari informasi sendiri soal ini.
Kalau yg jadi patokan KTP ya memang susah, kalau KTP ortunya masih KTP daerah kelahiran, yo adikmu cm bisa dapat prioritas kalau sekolah di kotamu. Tp disini KIP nggak pengaruh banyak.
Ngomong2 soal KIP... kenapa dia nggak bisa dapat?
Dia kan bukan anak orang kaya, mestinya memenuhi syarat dong.
Memangnya nggak bisa apa mengajukan permohonan sendiri?
Jaman sekarang orang harus aktif dan punya inisiatif sendiri, nggak bisa manja terus cuma ngandelin nunggu dikasih melulu.
Sudah besar, mestinya bisa dong cari informasi sendiri.. jaman sekarang ada internet juga kan, bisa E-Mail ke depdikbud nanya2, telepon juga bisa, datang sendiri nanya juga nggak jauh.
Nanya langsung aja persyaratan utk dapat KIP itu apa aja, terus ajukan saja sendiri.
Jumlah aparat sedikit jumlah penduduknya buanyaaak, lumrah kalau ada yg terlewat, maka dari itu bagi penduduk yg merasa terlewatkan ya maju sendiri aja, lapor.
Disebut Kartu Indonesia Pintar maksudnya supaya anak2 Indonesia menjadi pintar... makanya itu dikasih bantuan supaya semua bisa sekolah supaya semua bisa pintar nantinya.
Jadi bukannya dikasih untuk yg sudah pintar. Anak pergi sekolah kan tujuannya supaya jadi lebih pintar :-D

·
  ·  2년 전

Nila yo wes tak sengeni wingi mbak, dolanane internet mbukak hp mbendino kok knpo jauh2 sebelume kan iso ndeleng2 mbesok sing di nggo daftar kui kiro2 opo wae.. Malah nyengol2 muni kip kui kartu kere, amen muni ngono ae karo tangisan winginane.. Yo tak sengeni ngene : la kwe kui sugih piye leh, taj ngononokno mbk.. Winginane kui wes putus asa dekne rep di jabut ae rep daftar ning STM malah.. STM kemloko anyar, umpomo aku ra melu ngetutno ning sekolahane .. Mungkin wes di jabut dewe mbak, atuk o lak getun.. Alhamdulilah jare wes daftar ulang berarti kan ketompo mbak.. Dekne kn kae yo tak omongi nek sing dho gowo sktm kui mengko di survey neh nduk. Nek gak sesuai yo tetep bocah2 sing lolos daftarane nganggo sktm kui mengko yo di anggep gugur

·
·

Iyo bener... sing nganggo SKTM kuwi bakal tetep disurvey maneh. Nak ora miskin tenan bakal dijabut, dibatalke. Malah di black list mergo ngapusi.
Wes akeh kok sing konangan, mlebu berita kan malah.
Nak memang ora sugih ngopo isin, ora sugih ngaku sugih malah sengsoro..bebane okeh. Kakehan gengsi wetenge ngelih. :-D
Suwalike wong sugih ngaku kere... ngapusi kuwi suwe2 mesti konangan. Saiki pemerintah mulai disiplin, malah resikone gedhe.
Korupsi sih mmg isih ono, tapi wes berkurang okeh saiki.
Soale jaman modern, kabeh digital, kontrole makin gampang.
Nangis nggak menolong apa-apa. Mau sukses ya harus usaha.
Jaman sekarang nak gak gelem ngangkat bokong gerak dewe, bakal ketinggalan... apes terus. Dijamin merugi.
CBSA ingat to? Cara Belajar Siswa Aktif, itu saat ini harus bener2 berfungsi, ngga cuma teori.
Anak muda yang nggak bisa begitu, ngga bakal sukses, masa depannya ngga bakal cerah... terutama mereka yang ngga kebetulan terlahir dari keluarga kaya raya.
Aku bisa sampai sini kalau nggak karena aktif sendiri memangnya bisa? Jejer mung lulusan smea entuk opo sih, bahasa inggris teko sekolah ra tau di nggo praktek yo gak bakalan bisa lancar.
Tapi coba, misanmu loro2 kuwi, duwe sedulur wong asing rak dimanfaatnya nggo latihan. Kit biyen aku wes ngomongi tika barang mbok kene chat karo aku latihan boso inggris ben lancar ora mung teori tok... ning ora tau lho.
Padahal jaman saiki duwe WhatsApp barang. Po rak rugi kuwi ngisi pulsa duwe internet ning ora di enggo sinau.
Arek2 liyo pengen duwe konco ngobrol latihan inggris ra ono, dekne duwe gratis malah orisinil yo duwe ra tau dimanfaatno.
Ning wong sinau ki ra iso dipekso jal... yo karepe lah.
Ning nak getun mburi njur nangis opo gunane leh.
Wong salahe dewe di tuturi apik ra nurut. Yo kan?

·
·
·
  ·  2년 전

He'em mbak, mbluro mlebu tv kan goro2 sktm iki mbak.. Smk n 1 wae pendaftaran ulang meneh kok

Mudah-mudahan uneg2 saudara @icuz mendapat tanggapan positif dari yang berwenang. He he

·
  ·  2년 전

Yang berwenang siapa mbak, polisi bombay atau siapa nih haha

·
·

Mboh mas, he he

·
·
·
  ·  2년 전

Lho melu bingung mbak iki ah, haha

Selamat malam mas makin lancar mas ya

·
  ·  2년 전

Malam juga mas, biasa biasa aja mas hehe

·
·

Hehehe selamat istirahat saja mas

·
·
·
  ·  2년 전

Hehe ok mas terima kasih

Benar mas, saya setuju!!!
Semoga postingan ini menjadi kritikan yang membangun untuk pihak yang membuat peraturan 😉

·
  ·  2년 전

Iya mas terima kasih, kalau memang peraturannya kayak gitu kan harusnya pemerintah menyediakan pembangunan sekolah sekolah yang khusus untuk warga miskin saja ya mas hehe.. Nggak kayak gini, entar lak pada males malesan belajar dan hanya cukup mengandalkan kartu indonesia pintar saja

·
·

Saya rasa pemerintah perlu merevisi ulang, KIP untuk anak yang berprestasi sedangkan yang kurang mampu pemerintah bisa kasih dana lain seperti biasa siswa untuk anak yang kurang mampu, dengan syarat pengecekan langsung ke rumah siswa agar tidak kejadian orang kaya dapat juga.

·
·
·
  ·  2년 전

Benar sekali itu mas, dan saya lihat lihat sekarang banyak juga orang kaya yang malah kepengen berstatus miskin kok mas..

·
·
·
·

Semua pingin diuntungkan mas bahkan orang kaya, di daerah saya malah banyak yang dapat biaya siswa itu orang mampu, karena kelalaian dan malas untuk survei mau terima beres maka banyak anak yang putus sekolah.

·
·
·
·
·
  ·  2년 전

Tujuan pemerintah sebenarnya bagus mas, cuma banyak yang di salah gunakan aja mas

·
·
·
·
·
·

Itulah mas manusia-manusia yang haus akan keuntungan yang menjadi masalah negeri ini..!

·
·
·
·
·
·
·
  ·  2년 전

Haha iya mas

Setuju mas sama mas, maunya pemerintah membuat dua kartu KIP dan KPKM (kartu pendidikan kurang mampu) jadi semua terasa adil :)

·
  ·  2년 전

Iya sih mas harusnya begitu, ya saya cuma jengkel aja tadi pas ndaftarin adik saya.. Adik saya nilainya lumayan tinggi malah kegeser terus sama yang nilainya rendah cuma karna punya kip.

Postingan yang bagus, sangat baik untuk sebuah kritikan, semoga pemerintah dapat merevisi dan mencari solusi yang tepat.!

·
  ·  2년 전

Terima kasih mas, amin semoga saja

Semoga adikke njenengan tetep ketrima di sekolah sing di idam2 ke niku.. aamiin

Posted using Partiko Android

·
  ·  2년 전

Amin terima kasih semoga saja mas

Resteem ah

·
  ·  2년 전

Hehe terima kasih mas