KUTU APA KUTU..??

4년 전

image
source

Heylow sobat steemian..!

Sobat Pernah dengar La-pulga..?
Iyyupp, tepat sekali.. Mendengar namanya sudah terbayang orangnya, Lionel Messi.
Tetapi postingan kali ini sangat jauh dari kata sepakbola, saya akan membahas mengenai kutu dalam arti yang sebenarnya.

Iyaa,, kutu. Kutu dikepala, tidak asing kan sobat.?? 😀

Pernahkah sobat mencari kutu.?? atau setidaknya memerhatikan orang yang sedang mencari kutu, pasti pernah kan..??

Biasanya segerombolan ibu-ibu melakukan ekspedisi pencarian kutu sambil membahas hal-hal yang sedang hangat diberitakan media, dedy corbuzier tumbuh rambut misalnya.

Lebih tepatnya menggosip tetanga

Sayup-sayup terdengar suara :

eehh kak marfuah, tau gak ke? ibu rabiah yang baru kemaren cerai sekarang udah dapet laki baru deh, ganteng lagi.!!

Begitulah kira-kira topik pembuka yang dilontarkan oleh salah satu ibu sebut saja zainab, kemudian ceritanya berlanjut hingga jam makan siang tiba, kalau ada tulisan to be continued mungkin habis istirahat sambung lagi ke episode II.

image
source

Wokeeeh, langsung saja ke topiknya :

Kutu merupakan suatu serangga yang bersifat parasit , ini sangat menganggu karena kutu membuat semacam gigitan kecil untuk menghisap darah di kulit kepala, inilah yang menyebabkan orang sering menggaruk-garuk karena memang sangat tidak nyaman.

Kutu rambut hanya bisa ditularkan antar manusia saja, tidak bisa menular kehewan ataupun sebaliknya.

Cara penularannya ada dua:

  1. Kontak lansung
    Misalnya sobat tidur dengan orang yang kutuan, dimana rambutnya bersentuhan dengan rambut sobat, lambat laun kutunya akan bermigrasi, sehingga sobat akan terinfeksi kutu juga.

  2. Kontak tidak langsung
    Penggunaan bantal, sisir rambut, handuk, sprei, topi. Tetapi penularan dengan cara ini sangat jarang terjadi, hanya saja penting untuk kita ketahui.

Kutu berUmur 18 hari, kemudian akan mati. Masalahnya adalah, pasukan kutu ini akan bertelur untuk melestarikan generasinya. Jadi walaupun Ratu kutu mati, penerus kutu masih ada bahkan bertambah banyak dengan kata lain berkoloni.
Penerus ini, akan kembali menjadi Ratu dan akan bertelur lagi. Begitulah lingkaran iblis yang tak akan terputus.

kutu bisa terbang...??

Nah, mayoritas dari kita mungkin menganggap kutu rambut bisa terbang, inilah kesalahan persepsi yang berUjung pada pem-bullyan. Saya pernah dengar bentuk deskriminasi seperti ini

kajak keudeh gam, bek keuno.. Ipoe gutei2 ateuh lon (pergi sana, jangan kesini. Terbang kutu pula ke saya nantik)

Ini salah kaprah,, ini kutu, emang capung, terbang.??

cara penanganannya

Biasanya orang menggunakan sisir yang terbuat dari bambu dengan rongga berukuran 0.02 milimeter, ini berfungsi untuk menyaring kutu tersebut agar jatuh.

Tetapi menurut saya, cobalah menggunakan obat antiparasit yang dijual di apotik, lebih praktis contohnya seperti permethrin, mungkin efek sampingnya berupa gatal-gatal dan kemerahan, tapi tak apa-apa asal cepat sembuh. Hehe, jangan lupa Baca petunjuk penggunaan.

Jika memang tidak ada kemajuan, dianjurkan untuk segera pereksa ke dokter, mungkin akan diberikan shampo khusus, misalnya melathion.

Satu lagi. Jangan coba-coba menggunakan kapur ajaib. Karena kepala sobat tidak sekeramat itu.

Sekian sobat steemian, tetap jaga kesehatan salam steemit
🙏😀

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
STEEMKR.COM IS SPONSORED BY
ADVERTISEMENT
Sort Order:  trending

As a follower of @followforupvotes this post has been randomly selected and upvoted! Enjoy your upvote and have a great day!

sneaky-ninja-sword-xs.jpg
Sneaky Ninja Attack! You have just been defended with a 2.79% upvote!
I was summoned by @zaki-youngnurse. I have done their bidding and now I will vanish...

woosh
A portion of the proceeds from your bid was used in support of youarehope and tarc.

Abuse Policy
Rules
How to use Sneaky Ninja
How it works
Victim of grumpycat?

a very useful post, may continue to be successful
U5dt5q8RDd1euAHiEnbtoVaZyyrDnqh.gif

·

Thank you brothe

kenapa kalo pake kapur ajaib

·

kalo sering mnggunakannya tidak baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala mbak @firstsufa , dan dikemasan pun ditulis cocok untuk membunuh "kecoa dan semut" kan tdk ditulis cocok untuk rambut kutuan.. Kapurkan kalo sudah dipakai ditakutkan akan masuk ke hidung pulak nntik mbak.. Mnding obat dri dkter. Hehe